Darul Faqih Gelar Kegiatan Khotmil Qur’an dan Lailatul Qiro’ah dalam Rangka Memperingati Malam Nuzulul Qur’an

Pada Kamis, 18 Ramadhan 1445 H yang bertepatan dengan 28 Maret 2024 Darul Faqih Indonesia menyelenggarakan kegiatan khotmil Qur’an dan lailatul qiro’ah dalam rangka memperingati malam nuzulul qur’an yang sebenarnya jatuh pada malam sebelumnya, yaitu 17 Ramadhan. Kegiatan yang bertempat di masjid Dafa Shofia ini mengundang sejumlah para jawara MTQ nasional.

Usai sholat tarawih, acara dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan, dan pembacaan tahlil yang disampaikan langsung oleh Dr. KH. Faris Khoirul Anam, Lc,. M.H.I selaku pengasuh pondok pesantren Darul Faqih Indonesia. 

Selanjutnya, pembacaan doa khotmil Qur’an yang mana segenap keluarga besar Darul Faqih telah melangsungkan kegiatan khataman Al-Qur’an dari beberapa hari sebelumnya. Dalam hal ini, terdapat beberapa doa yang dilantunkan, yaitu doa birrul walidain dan doa khotmil Qur’an dari Syaikh Afifuddin Abdullah bin Muhammad bin Abi Bakar yang dipimpin oleh Ustadz Khoirul Latif selaku ketua Madrasah Diniyah Darul Faqih Indonesia, dan doa khotmil Qur’an ‘ala thoriqoh dari Al-Habib Abdul Qadir bin Husein Assegaf yang dibawakan oleh Ustadz Abi Lazkar Amar Ma’rufi selaku ketua pengurus pondok pesantren Darul Faqih Indonesia.

Acara dipandu oleh dua santri Darul Faqih, yaitu Muhammad Fathur Rozi (9 smp / 3 madin)  dan Muhammad Maulana (9 smp / 3 madin) yang mula-mula membuka acara secara resmi dan membacakan rangkaian acara pada malam hari ini.

Pada malam peringatan turunnya Al-Qur’an ini, Darul Faqih Indonesia menggandeng sejumlah Qori dan Qoriah, diantaranya adalah: 

Al-Ustadz Zaki Ar-Rasyidi : Juara 1 MHQ 5 Juz dan Tilawah MTQ Provinsi Jawa Timur 2021, Juara 3 MHQ 5 Juz dan Tilawah SPHQ Nasional 2023, Juara 3 Qiroah Sab’ah MTQ Mahasiswa Nasional 2023.

Al-Ustadzah Nurul Fauziah : Juara 1 Tilawah Anak MTQ 26 Jatim 2015, Harapan 1 Tilawah Anak MTQ Nasional 18, Juara 1 MTQ Nasional EEQ Fest 2022

Al-Ustadz Zein Nur Muhammad : Juara 1 MTQ Mahasiswa Nasional MUFI 9 UIN Malang, Juara 1 MTQ Mahasiswa Nasional FK Universitas Mulawarman 2023, Juara 1 MTQ Mahasiswa IAIN Syekh NurJati Cirebon 

Al-Ustadzah Nilna Muzdalifah : Harapan 1 MTQ TNI Nasional Jakarta , Juara Harapan  3 MTQN Cabang MSQ NTB, Juara 3 Qiro’ah Sab’ah Putri Mahasiswa Nasional 2023

Serta Qori’ kebanggaan Darul Faqih, Ananda Ghulam Asrofi (9 smp / 3 madin)

Disela-sela penampilan sederet Qori’ diatas, terdapat beberapa penampilan dari para santri, yaitu Muhadhoroh Qur’aniyyah yang dibawakan oleh Da’i kembar Darul Faqih, ananda Waldan dan Juga Wildan (9 smp / 3 madin) dan Drama Qur’ani persembahan dari kamar Takhassus Tahfidzul Qur’an Darul Faqih.

Di penghujung acara, Abiina Faris Khoirul Anam memberikan mauidhoh hasanah dan kajian dari kitab Al-Matjarur Robih sekaligus doa sebagai penutup acara malam hari ini.

2 Replies to “Darul Faqih Gelar Kegiatan Khotmil Qur’an dan Lailatul Qiro’ah dalam Rangka Memperingati Malam Nuzulul Qur’an

  1. Ahmad Labib Arifin berkata:

    Assalamu’alaikum, maaf mengganggu waktunya, saya selaku crew jurnalistik ponpes balekambang mohon izin untuk tanya jawab dengan anggota redaktur majalah ponpes darul faqih, yang sudah banyak mencetak majalah terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *