Peresmian Masjid Dafa Shofia

Masjid merupakan bagunan ibadah bagi umat islam. Masjid secara harfiah dapat diartikan sebagai tempat sujud atau tempat shalat bagi umat islam. Awalnya masjid adalah tempat shalat sederhana bagi umat Islam, dan merupakan ruang terbuka daripada bangunan. Masjid umumnya berfungsi sebagai lokasi untuk shalat, buka puasa ramadhan, salat Jenazah, pelaksanaan pernikahan dan bisnis, pengumpulan dan distribusi sedekah, serta penerimaan zakat.

Masjid Dafa Shofia merupakan masjid megah yang telah terbangun di pondok pesantren Darul Faqih di bagian gedung barat. Hampir sebagian dinding-dinding di Masjid Dafa Shofia terbuat dari bahan material marmer. Dengan adanya marmer tersebut dapat menambah sebuah kesan arsitektur yang elegant terhadap bangunan Masjid Dafa Shofia. Tak hanya bangunannya yang memiliki kesan elegant, melainkan masjid ini memiliki sebuah rooftop serta memiliki ruangan khusus untuk podcast di bagian kanan lantai tiga. Jadi jumlah tingkatan di Masjid Dafa Shofia memiliki tiga tingkatan, yakni lantai satu untuk tempat sholat, kamar mandi serta tempat wudhu. Untuk bagian lantai dua dan tiga sama saja seperti di lantai satu hanya saja yang membedakan di lantai tiga masih setengah jadi serta terdapat ruang podcast. 

Dibalik dari semua bangunan masjid yang megah ini, terdapat seseorang yang mewakafkan tanah tersebut serta membiayai segala fasilitas pembangunan di Masjid Dafa Shofia yakni Bapak Hj.Arnold Waryanto. Beliau merupakan orang yang sangat baik hati nan dermawan. Beliau mewakafkan tanah tersebut atas nama istri beliau yang telah meninggal. Yakni Almarhumah Ibu Hj.Siti Shofiati, beliau adalah seseorang yang telah menemani segenap kehidupan bersama Bapak Hj.Arnold Waryanto. Namun nyatanya beliau dululah yang pergi kembali kepada pangkuan Allah SWT. Perlu diketahui pula bahwa pembangunan Masjid Dafa Shofia ini dibangun dengan waktu yang cukup singkat sekitar kurang dari setahun. 

Setelah semuanya selesai dan telah terbangun kokoh masjid ini maka telah ditetapkan tanggal peresmian Masjid Dafa Shofia yakni pada tanggal dua puluh satu bulan September tahun 2023 pada saat soreĀ  hari di bagian barat pondok pesantren Darul Faqih.

Acara peresmian Masjid Dafa Shofia ini diawali dengan adanya hadrah dari santri putra pondok pesantren Darul Faqih. Kemudian acara selanjutnya adalah acara sambutan dari Abina Faris Khoirul Anam dan selanjutnya yaitu muhadharah dari D.R.KH.Marzuqi Mustamar M.Ag. Beliau merupakan Ketua PWNU Jawa Timur sekaligus sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrasyad Gasek.

Beliau menyampaikan bahwasannya hal pertama yang kita jaga adalah agama. Jangan meragukan agama islam, al-quran, serta Rasulullah. Sedikit saja kita meragukan maka kita semua akan termasuk orang munafik. Kemudian beliau mengatakan bahwa sebanyak apapun orang yang membangun masjid akan tetapi masih meragukan pada agama Allah makan akan percuma saja. Serta jagalah anak-anak kalian, keluarga kalian, bahkan tetangga kalian dari api neraka dengan cara jangan beri peluang untuk orang kafir menggerogoti iman mereka. Seperti menjual tanah kepada orang non muslim akan tetapi tanah tersebut dibangun untuk tempat ibadah mereka. Serta berpegang teguhlah kepada Islam yang meneladani perilaku dan ajaran Rasul serta para sahabat.

Setelah penyampaian muhadharah kemudian dilanjut dengan sesi pembukaan masjid Dafa Shofia serta didoakannya Masjid ini oleh KH.Marzuqi Mustamar.

Setelah itu adalah sesi acara peresmian tanda tangan dengan Bapak Hj.Arnold Waryanto dengan KH.Marzuqi Mustamar.

Selesainya sesi acara tersebut adalah dengan penandatanganan kembali dan akad wakaf tanah oleh Bapak Hj.Arnold Waryanto serta Ustadz Fadholi yang mewakafkan sebagian tanah beliau kepada Pondok Pesantren Darul Faqih. Setelah semua acara tersebut selesai dilanjutkan dengan doa penutupan, makan bersama, dan sholat maghrib berjamaah dengan para tamu undangan dan santri putra putri Darul Faqih. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *