Oleh: Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I.
Permasalahan bid’ah bukan bid’ah seperti tidak ada hentinya diperbicangkan umat Islam. Tidak hanya dibicarakan, bahkan terkadang diperdebatkan. Tak sedikit pula yang kemudian menyebabkan “keresahan” di tengah umat, ketika suatu amaliyah yang selama ini menjadi kebiasaan sebagian orang, dituduh bid’ah oleh pihak lain.
Pendapat Ulama Mengenai Pembagian Bid’ah
Mayoritas ulama dari empat madzhab membagi bid’ah menjadi dua, yaitu baik dan jelek (hasanah wa madzmumah). Artinya, menurut mereka, tidak semua bid’ah itu jelek.
Beberapa ulama bahkan membagi bid’ah menjadi lima. Misalnya Ibnu Abidin dari madzhab Hanafi dalam kitab Raddul Muhtar, al-Qarafi dari madzhab Maliki dalam Anwar al-Buruq fi Anwa’ al-Furuq, Sulthanul ‘Ulama Izzuddin Abdussalam dari madzhab Syafi’i dalam Qawa’id al-Ahkam, dan al-Safaraini dari madzhab Hanbali dalam Lawami’ al-Anwar al-Bahiyyah.
Sementara minoritas ulama yang tidak mau membagi bid’ah adalah al-Syathibi dalam al-I’tisham dan Ibnu Taimiyah al-Harani dalam Majmu’ al-Fatawa.
Rincian pendapat mereka adalah sebagai berikut:
Para Ulama yang Membagi Bid’ah
Madzhab Hanafi
Al-’Aini dalam Syarh al-’Aini ‘ala al-Bukhari, setelah mendefinisikan bid’ah secara bahasa dan istilah syar’i, membagi bid’ah menjadi dua, yaitu Bid’ah Dhalalah dan Bid’ah Hasanah.
وَالبِدْعَةُ لُغَةً: كُلُّ شَيْءٍ عُمِلَ عَلَى غَيْرِ مِثَالٍ سَابِقٍ. وَشَرْعاً: إِحْدَاثُ مَا لَمْ يَكُنْ لَهُ أَصْلٌ فِي عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَهِيَ عَلَى قِسْمَيْنِ: بِدْعَة ضَلاَلَة وَهِيَ التِي ذَكَرْنَاهَا, وَبِدْعَة حَسَنَة وَهِيَ مَا رَآهُ المُؤْمِنُوْنَ حَسَناً, وَلاَ يَكُوْنُ مُخَالِفاً لِلْكِتَابِ أَوِ السُّنَّةِ أَوِ الأَثَرِ أَوِ الإِجْمَاعِ. شرح العيني على البخاري 5/230
Ibnu Abidin al-Dimasyqi al-Hanafi (w. 1252 H) dalam Radd al-Muhtar membagi bid’ah menjadi lima, yaitu haram, wajib, sunnah, makruh, dan mubah, sekaligus memberikan beberapa contohnya.
الْبِدْعَةُ خَمْسَةُ أَقْسَامٍ (قَوْلُهُ أَيْ صَاحِبُ بِدْعَةٍ) أَيْ مُحَرَّمَةٍ، وَإِلَّا فَقَدْ تَكُونُ وَاجِبَةً، كَنَصْبِ الْأَدِلَّةِ لِلرَّدِّ عَلَى أَهْلِ الْفِرَقِ الضَّالَّةِ، وَتَعَلُّمِ النَّحْوِ الْمُفْهِمِ لِلْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَمَنْدُوبَةً كَإِحْدَاثِ نَحْوِ رِبَاطٍ وَمَدْرَسَةٍ وَكُلِّ إحْسَانٍ لَمْ يَكُنْ فِي الصَّدْرِ الْأَوَّلِ، وَمَكْرُوهَةٍ كَزَخْرَفَةِ الْمَسَاجِدِ. وَمُبَاحَةٍ كَالتَّوَسُّعِ بِلَذِيذِ الْمَآكِلِ وَالْمَشَارِبِ وَالثِّيَابِ.
ابن عابدين، رد المحتار على الدر المختار 1/560
Madzhab Maliki
Al-Qurthubi al-Maliki (w. 671 H) dalam al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, atau Tafsir al-Qurthubi, juga membagi bid’ah menjadi dua, berdasarkan standar apakah hal baru tersebut masuk dalam keumuman ajaran Allah dan Rasulullah, atau tidak.
كُلُّ بِدْعَةٍ صَدَرَتْ مِنْ مَخْلُوقٍ فَلَا يخلو أَنْ يَكُونَ لَهَا أَصْلٌ فِي الشَّرْعِ أَولا، فَإِنْ كَانَ لَهَا أَصْلٌ كَانَتْ وَاقِعَةً تَحْتَ عُمُومِ مَا نَدَبَ اللَّهُ إِلَيْهِ وَخَصَّ رَسُولَهُ عَلَيْهِ، فَهِيَ فِي حَيِّزِ الْمَدْحِ. وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مِثَالُهُ مَوْجُودًا كَنَوْعٍ مِنَ الْجُودِ وَالسَّخَاءِ وَفِعْلِ الْمَعْرُوفِ، فَهَذَا فِعْلُهُ مِنَ الْأَفْعَالِ الْمَحْمُودَةِ، وَإِنْ لَمْ يَكُنِ الْفَاعِلُ قَدْ سُبِقَ إِلَيْهِ. وَيَعْضُدُ هَذَا قَوْلُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ هَذِهِ، لَمَّا كَانَتْ مِنْ أَفْعَالِ الْخَيْرِ وَدَاخِلَةً فِي حَيِّزِ الْمَدْحِ، وَهِيَ وَإِنْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ صَلَّاهَا إِلَّا أَنَّهُ تَرَكَهَا وَلَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا، وَلَا جَمَعَ النَّاسَ، عَلَيْهَا، فَمُحَافَظَةُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَيْهَا، وَجَمْعُ النَّاسِ لَهَا، وَنَدْبُهُمْ إِلَيْهَا، بِدْعَةٌ لَكِنَّهَا بِدْعَةٌ مَحْمُودَةٌ مَمْدُوحَةٌ.
وَإِنْ كانت في خلاف ما أمر لله بِهِ وَرَسُولُهُ فَهِيَ فِي حَيِّزِ الذَّمِّ وَالْإِنْكَارِ.)القرطبي, الجامع لأحكام القرآن 2/87 (
Al-Qarafi al-Maliki (w. 684 H) dalam Anwar al-Buruq fi Anwa’ al-Furuq (popular disebut al-Furuq) membagi bid’ah menjadi lima, disertai dengan standar dan contoh.
وَالْحَقُّ التَّفْصِيلُ، وَأَنَّهَا خَمْسَةُ أَقْسَامٍ
(قِسْمٌ) وَاجِبٌ، وَهُوَ مَا تَتَنَاوَلُهُ قَوَاعِدُ الْوُجُوبِ وَأَدِلَّتُهُ مِنْ الشَّرْعِ كَتَدْوِينِ الْقُرْآنِ وَالشَّرَائِعِ إذَا خِيفَ عَلَيْهَا الضَّيَاعُ…
(الْقِسْمُ الثَّانِي) : مُحَرَّمٌ، وَهُوَ بِدْعَةٌ تَنَاوَلَتْهَا قَوَاعِدُ التَّحْرِيمِ وَأَدِلَّتُهُ مِنْ الشَّرِيعَةِ كَالْمُكُوسِ… وَتَوْلِيَةِ الْمَنَاصِبِ الشَّرْعِيَّةِ مَنْ لَا يَصْلُحُ لَهَا بِطَرِيقِ التَّوَارُثِ
(الْقِسْمُ الثَّالِثُ) مِنْ الْبِدَعِ مَنْدُوبٌ إلَيْهِ، وَهُوَ مَا تَنَاوَلَتْهُ قَوَاعِدُ النَّدْبِ وَأَدِلَّتُهُ مِنْ الشَّرِيعَةِ كَصَلَاةِ التَّرَاوِيحِ
(الْقِسْمُ الرَّابِعُ) بِدَعٌ مَكْرُوهَةٌ، وَهِيَ مَا تَنَاوَلَتْهُ أَدِلَّةُ الْكَرَاهَةِ مِنْ الشَّرِيعَةِ وَقَوَاعِدُهَا كَتَخْصِيصِ الْأَيَّامِ الْفَاضِلَةِ أَوْ غَيْرِهَا بِنَوْعٍ مِنْ الْعِبَادَاتِ
(الْقِسْمُ الْخَامِسُ) الْبِدَعُ الْمُبَاحَةُ، وَهِيَ مَا تَنَاوَلْته أَدِلَّةُ الْإِبَاحَةِ وَقَوَاعِدُهَا مِنْ الشَّرِيعَةِ كَاِتِّخَاذِ الْمَنَاخِلِ لِلدَّقِيقِ
القرافي, الفروق )أنوار البروق في أنواء الفروق( 4/ 202-204
Madzhab Syafi’i
Al-Hafizh al-Baihaqi dalam Manaqib al-Imam al-Syafi’i menyitir pendapat Sang Imam, bahwa bid’ah itu ada dua, yaitu sesat dan tidak sesat. Ibnu Taimiyah mengomentari dalam al-’Aql wa al-Naql, bahwa periwayatan al-Baihaqi ini sanadnya shahih.
اَلْمُحْدَثَاتُ ضَرْبَانِ: مَا أُحْدِثَ مما يُخَالِفُ كِتَابًا أَوْ سُنَّةً أَوْ أثرا أوإِجْمَاعًا فَهذه بِدْعَةُ الضَّلالِ وَمَا أُحْدِثَ من الْخَيْرِ لاَ يُخَالِفُ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ فَهذه مُحْدَثَةٌ غَيْرُ مَذْمُوْمَةٍ. (الحافظ البيهقي، مناقب الإمام الشافعي، ١/٤٦٩).
قَالَ عَنْهُ ابْنُ تَيْمِيَّةَ فِي العَقْلِ وَالنَّقْلِ 1/ 248 رَوَاهُ البَيْهَقِي بِإِسْنَادِهِ الصَّحِيْحِ فِي المدْخَلِ.
Sulthanul ‘Ulama Izzuddin Abdussalam (w. 660) dalam Qawa’id al-Ahkam (2/204) membagi bid’ah menjadi lima.
الْبِدْعَةُ فِعْلُ مَا لَمْ يُعْهَدْ فِي عَصْرِ رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -. وَهِيَ مُنْقَسِمَةٌ إلَى: بِدْعَةٌ وَاجِبَةٌ، وَبِدْعَةٌ مُحَرَّمَةٌ، وَبِدْعَةٌ مَنْدُوبَةٌ، وَبِدْعَةٌ مَكْرُوهَةٌ، وَبِدْعَةٌ مُبَاحَةٌ، وَالطَّرِيقُ فِي مَعْرِفَةِ ذَلِكَ أَنْ تُعْرَضَ الْبِدْعَةُ عَلَى قَوَاعِدِ الشَّرِيعَةِ: فَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْإِيجَابِ فَهِيَ وَاجِبَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ التَّحْرِيمِ فَهِيَ مُحَرَّمَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْمَنْدُوبِ فَهِيَ مَنْدُوبَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْمَكْرُوهِ فَهِيَ مَكْرُوهَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْمُبَاحِ فَهِيَ مُبَاحَةٌ.
(الإمام عزالدين بن عبد السلام، قواعد الأحكام، ۲/204).
Madzhab Hanbali
أنَّ البِدْعَةَ المَذْمُوْمَةَ مَا لَيْسَ لَهَا أَصْلٌ مِنَ الشَّرِيْعَةِ يُرْجَعُ إِلَيْهِ، وَهِيَ البِدْعَةُ فِي إِطْلاَقِ الشَّرْعِ، وَأَمَّا البِدْعَةُ المَحْمُوْدَةُ فَمَا وَافَقَ السُّنَّةَ، يَعْنِي: مَا كَانَ لَهَا أَصْلٌ مِنَ السُّنَّةِ يُرْجَعُ إِلَيْهِ، وَإِنَّمَا هِيَ بِدْعَةٌ لُغَةً لاَ شَرْعاً؛ لِمُوَافَقَتِهَا السُّنَّةَ. (زين الدين عبد الرحمن بن أحمد بْنُ رَجَب الحَنْبِلِي, جامع العلوم والحكم, 2/787)
Al-Safaraini al-Hanbali (w. 1188) dalam Lawami’ al-Anwar al-Bahiyyah membagi bid’ah menjadi lima kategori.
وَأَمَّا المُحْدَثَاتُ الحَسَنَةُ فَجَائِزَةٌ, وَمِنْهَا مَا هُوَ وَاجِبٌ, وَمِنْهَا مَا هُوَ مُسْتَحْسَنٌ… إلخ (السفاريني الحنبلي, لوامع الأنوار البهية وسواطع الأسرار الأثرية )
Ulama yang Tidak Membagi Bid’ah
Al-Syathibi
Al-Syathibi (w. 790) dalam al-I’tisham (1/246) mengatakan, pembagian bid’ah adalah pendapat yang dibuat-buat, karena suatu perkara dihukumi wajib, sunnah, dan mubah, itu bila memang diperintahkan syariat atau diberi pilihan untuk boleh dilakukan atau tidak.
Al-Syathibi mengingkari pembagian bid’ah menjadi mahmudah dan madzmumah, karena menurutnya, semua bid’ah adalah madzmumah. Namun dia membagi madzmumah tersebut menjadi haram dan makruh, karena bid’ah adalah sesuatu yang dilarang, sementara yang dilarang itu kemungkinannya hanya dua, yaitu haram atau makruh (lihat: al-I’tisham, 2/36).
أَنَّ هَذَا التَّقْسِيمَ أَمْرٌ مُخْتَرَعٌ، لَا يَدُلُّ عَلَيْهِ دَلِيلٌ شَرْعِيٌّ، بَلْ هُوَ نَفْسُهُ مُتَدَافِعٌ; لِأَنَّ مِنْ حَقِيقَةِ الْبِدْعَةِ أَنْ لَا يَدُلَّ عَلَيْهَا دَلِيلٌ شَرْعِيٌّ; لَا مِنْ نُصُوصِ الشَّرْعِ، وَلَا مِنْ قَوَاعِدِهِ. إِذْ لَوْ كَانَ هُنَالِكَ مَا يَدُلُّ مِنَ الشَّرْعِ عَلَى وُجُوبٍ أَوْ نَدْبٍ أَوْ إِبَاحَةٍ; لَمَا كَانَ ثَمَّ بِدْعَةٌ، وَلَكَانَ الْعَمَلُ دَاخِلًا فِي عُمُومِ الْأَعْمَالِ الْمَأْمُورِ بِهَا أَوِ الْمُخَيَّرِ فِيهَا، فَالْجَمْعُ بَيْنَ [كَوْنِ] تِلْكَ الْأَشْيَاءِ بِدَعًا، وَبَيْنَ كَوْنِ الْأَدِلَّةِ تَدُلُّ عَلَى وُجُوبِهَا أَوْ نَدْبِهَا أَوْ إِبَاحَتِهَا جَمْعٌ بَيْنَ مُتَنَافِيَيْنِ. ) الشاطبي, الاعتصام 1/246)
Ibnu Taymiyah
Ibnu Taimiyah al-Harani (w. 728 H) dalam Majmu’ al-Fatawa (10/370) mengatakan, semua bid’ah itu sesat. Bila terdapat perbuatan baru (bid’ah) namun terbukti baik, maka ada dua potensi: (1) itu adalah bid’ah secara bahasa, atau (2) itu sesuatu umum yang dikhususkan karena adanya alasan kuat, sedangkan yang lain masih tetap atas keumumannya, sebagaimana keumuman-keumuman yang ada dalam al-Qur’an dan Sunnah.
… أَنَّ الْمُحَافَظَةَ عَلَى عُمُومِ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ {كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ} مُتَعَيِّنٌ وَأَنَّهُ يَجِبُ الْعَمَلُ بِعُمُومِهِ وَأَنَّ مَنْ أَخَذَ يُصَنِّفُ ” الْبِدَعَ ” إلَى حَسَنٍ وَقَبِيحٍ … فَقَدْ أَخْطَأَ كَمَا يَفْعَلُ طَائِفَةٌ مِنْ الْمُتَفَقِّهَةِ وَالْمُتَكَلِّمَةِ وَالْمُتَصَوِّفَةِ وَالْمُتَعَبِّدَةِ… وَمَا سُمِّيَ ” بِدْعَةً ” وَثَبَتَ حُسْنُهُ بِأَدِلَّةِ الشَّرْعِ فَأَحَدُ ” الْأَمْرَيْنِ ” فِيهِ لَازِمٌ: إمَّا أَنْ يُقَالَ: لَيْسَ بِبِدْعَةِ فِي الدِّينِ وَإِنْ كَانَ يُسَمَّى بِدْعَةً مِنْ حَيْثُ اللُّغَةُ. كَمَا قَالَ عُمَرُ: ” نِعْمَت الْبِدْعَةُ هَذِهِ ” وَإِمَّا أَنْ يُقَالَ: هَذَا عَامٌّ خُصَّتْ مِنْهُ هَذِهِ الصُّورَةُ لِمُعَارِضِ رَاجِحٍ كَمَا يَبْقَى فِيمَا عَدَاهَا عَلَى مُقْتَضَى الْعُمُومِ كَسَائِرِ عمومات الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ.
(ابن تيمية الحراني, مجموع الفتاوى, 10/ 370)
Dalil Rujukan Mayoritas Ulama
Sebenarnya, dalil kelompok pertama dan kedua, yakni ulama yang membagi bid’ah dan ulama yang tidak mau membagi bid’ah, itu sama. Yang berbeda adalah penafsirannya.
Dalil pertama dari mayoritas ulama adalah hadits yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ، فَهُوَ رَدٌّ
“Barangsiapa melakukan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita ini, yang tidak termasuk darinya, maka hal itu ditolak.” (HR Bukhari).
Sementara dalam redaksi Imam Muslim disebutkan:
مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
Dari kedua riwayat hadits tersebut, mayoritas ulama mengambil kesimpulan hukum, bahwa yang ditolak adalah perkara yang bukan termasuk ajaran atau agama Nabi Muhammad SAW. Sementara yang termasuk bagian ajaran Rasulullah, maka diterima. Mereka menjelaskan, bahwa pemahaman sebaliknya, atau mafhum mukhalafah hadits tersebut adalah
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا هُوَ مِنْهُ، فَهُوَ مَقْبُولٌ.
“Barangsiapa melakukan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita ini, yang termasuk darinya, maka hal itu diterima.”
Penjelasan ini disampaikan oleh Ibnu Rajab dalam Jami’ul Ulum dan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari.
Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) dalam Jami’ al-’Ulum (hal 177) menjelaskan,
فَهَذَا الْحَدِيثُ بِمَنْطُوقِهِ يَدُلُّ عَلَى أَنَّ كُلَّ عَمَلٍ لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُ الشَّارِعِ، فَهُوَ مَرْدُودٌ، وَيَدُلُّ بِمَفْهُومِهِ عَلَى أَنَّ كُلَّ عَمَلٍ عَلَيْهِ أَمْرُهُ فَهُوَ غَيْرُ مَرْدُودٍ، وَالْمُرَادُ بِأَمْرِهِ هَاهُنَا: دِينُهُ وَشَرْعُهُ. (ابْنُ رَجَب الحَنْبِلِي, جامع العلوم, 177)
Dalam teks tersebut, Ibnu Rajab menjelaskan bahwa manthuq (teks yang diucapkan) dalam hadits tersebut menunjukkan, setiap perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama dan hukum syariat itu ditolak. Sedang mafhum (makna yang dipahami) dari hadits itu menunjukkan, setiap perbuatan yang tidak bertentangan dengan ajaran agama dan hukum syariat itu tidak ditolak atau dapat diterima.
Sementara Imam Ibnu Hajar al-’Asqalani asy-Syafi’i dalam Fath al-Bari (13/253) menjelaskan:
والمحدثات بِفَتْحِ الدَّالِّ جَمْعُ مُحْدَثَةٍ وَالْمُرَادُ بِهَا مَا أُحْدِثَ وَلَيْسَ لَهُ أَصْلٌ فِي الشَّرْعِ وَيُسَمَّى فِي عُرْفِ الشَّرْعِ بِدْعَةً وَمَا كَانَ لَهُ أَصْلٌ يَدُلُّ عَلَيْهِ الشَّرْعُ فَلَيْسَ بِبِدْعَةٍ فَالْبِدْعَةُ فِي عُرْفِ الشَّرْعِ مَذْمُومَةٌ بِخِلَافِ اللُّغَةِ فَإِنَّ كُلَّ شَيْءٍ أُحْدِثَ عَلَى غَيْرِ مِثَالٍ يُسَمَّى بِدْعَةً سَوَاءٌ كَانَ مَحْمُودًا أَوْ مَذْمُومًا وَكَذَا الْقَوْلُ فِي الْمُحْدَثَةِ وَفِي الْأَمْرِ الْمُحْدَثِ الَّذِي وَرَدَ فِي حَدِيثِ عَائِشَةَ مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ.
(أحمد بن علي بن حجر أبو الفضل العسقلاني الشافعي, فتح الباري, 13/ 253)
Dalam teks tersebut, Ibnu Hajar menjelaskan, muhdats atau dalam istilah syari’at disebut bid’ah adalah suatu perbuatan baru dan tidak memiliki dasar dalil dalam syari’at. Sedang suatu perbuatan yang memiliki dasar dalil syari’at, bukan termasuk bid’ah (dalam istilah syari’at), karena bid’ah dalam istilah syari’at itu jelek (madzmumah), berbeda dengan bid’ah dalam istilah bahasa, karena setiap perbuatan baru yang tidak dicontohkan sebelumnya, dari segi bahasa dapat disebut bid’ah, baik perbuatan tersebut terpuji (baik) atau tercela (jelek).
Dalil kedua, adalah hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW bersabda:
«… فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ، وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ»
“… Maka sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, sejelek-jelek perkara adalah hal-hal baru, dan setiap hal baru adalah sesat.”
Menurut mayoritas ulama, hadits ini merupakan hadits umum yang dikhususkan (‘am makhshush). Bila makna hadits ini tidak dikhususkan, maka semua hal baru akan dihukumi sesat, baik urusan agama maupun dunia, atau urusan ibadah, tradisi maupun mu’amalah. Itu tidak mungkin. Lafazh “Kullu” pada hadits ini, seperti pada ayat:
تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِأَمْرِ رَبِّهَا
“Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Rabbnya.” (QS. Al-Ahqaf: 25)
وَأُوتِيَتْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَهَا عَرْشٌ عَظِيمٌ
“Dan dia (Bilqis) dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.” (QS. Al-Naml: 23)
Imam Nawawi menjelaskan:
الْحَدِيثَ مِنَ الْعَامِّ الْمَخْصُوصِ وَكَذَا مَا أَشْبَهَهُ مِنَ الْأَحَادِيثِ الْوَارِدَةِ وَيُؤَيِّدُ مَا قُلْنَاهُ قَوْلُ عمر بن الخطاب رضي الله عنه في التَّرَاوِيحِ نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ وَلَا يَمْنَعُ مِنْ كَوْنِ الْحَدِيثِ عَامًّا مَخْصُوصًا قَوْلُهُ كُلُّ بِدْعَةٍ مُؤَكَّدًا بِكُلِّ بَلْ يَدْخُلُهُ التَّخْصِيصُ مَعَ ذَلِكَ كَقَوْلِهِ تَعَالَى تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ (شرح النووي على صحيح مسلم 6/ 155)
قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ هَذَا عَامٌّ مَخْصُوصٌ وَالْمُرَادُ غَالِبُ الْبِدَعِ (6/ 154)
Dalam Syarh Shahih Muslim (6/155) tersebut, Imam an-Nawawi (w. 676 H) menjelaskan, bahwa hadits tersebut di atas bermakna “umum yang dikhususkan”. Pendapat ini dikuatkan oleh ucapan Umar bin Khaththab mengenai Tarawih, “Ini adalah sebaik-baik bid’ah.” Kata “Kullu” tidak berarti “semua”, karena dapat di-takhshis (dikhususkan), seperti firman Allah تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ
Pada bagian sebelumnya (6/154), beliau menjelaskan, bid’ah sesat yang dimaksud hadits tersebut adalah kebanyakan bid’ah, bukan semua bid’ah.
Pendapat Imam Nawawi ini menegaskan pendapat Al-Khaththabi (w. 388 H) dalam Ma’alim al-Sunan (4/301):
كُلُّ مُحدثةٍ بدعةٌ فإنَّ هذَا خاصٌّ فِي بَعْضِ الأُمُوْرِ دُوْنَ بَعْضٍ وَكُلِّ شَيْءٍ أُحْدِثَ عَلَى غَيْرِ أَصْلٍ مِنْ أُصُوْلِ الدِّيْنِ وَعَلَى غَيْرِ عِيَارِهِ وَقِيَاسِهِ. وَأَمَّا مَا كَانَ مِنْهَا مَبْنِيّاً عَلَى قَوَاعِدِ الأصُوْلِ وَمَرْدُوْداً إِلَيْهَا فَلَيْسَ بِبِدْعَةٍ وَلاَ ضَلاَلَةٍ وَاللهُ أَعْلَم. (الخطابي, معالم السنن, 4/ 301)
Dalam teks keterangan tersebut, al-Khaththabi menjelaskan, makna hadits كُلُّ مُحدثةٍ بدعةٌ khusus pada sebagian kasus, dan pada setiap hal baru yang tidak memiliki dasar dalil dalam agama, serta menyimpang dari ukuran dan standarnya. Sementara suatu perbuatan baru yang dilakukan berdasarkan kaidah dalil, bukan termasuk bid’ah dan tidak sesat.
Melalui keterangan-keterangan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa tidak semua bid’ah itu jelek atau sesat.
Tiga Benang Merah
Dari keterangan ini, setidaknya terdapat tiga benang merah atau kesimpulan. Pertama, pendapat yang menyatakan bahwa bid’ah itu ada dua (hasanah dan sayyi-ah), atau menjadi lima, itu merupakan representasi jumhur atau mayoritas ulama. Lalu mengapa kemudian, seakan-akan yang ramai sekarang, baik di media radio, majalah, bulletin, atau di artikel-artikel internet, pendapat bahwa semua bid’ah itu sesat seakan-akan yang paling banyak dimunculkan? Ini otokritik bagi kita. Kita yang menyatakan tidak semua bid’ah itu sesat, sebenarnya representrasi mayoritas ulama. Maka menjadi tanggung jawab bagi kita untuk mensosialisasikan hal ini kepada umat, melalui media-media yang kita miliki.
Kedua, bid’ah itu adalah perilaku, bukan hukum. Para ulama ketika mendefinisikan bid’ah, selalu mengawalinya dengan kata fi’lu (perbuatan), atau ma ‘umila (sesuatu yang dilakukan) yang belum ada contoh sebelumnya, atau belum dilakukan di zaman Nabi. Artinya, mereka memang menilai bid’ah itu sebagai perilaku, bukan hukum. Selagi merupakan perilaku, maka bid’ah dapat dihukumi dengan salah satu dari lima hukum taklifi (status hukum bagi perbuatan mukallaf), yaitu wajib, sunnah, makruh, haram, dan mubah.
Ketiga, pembahasan mengenai bid’ah ini adalah masalah klasik. Mari kita perhatikan masa hidup ulama yang menyatakan bahwa tidak semua bid’ah itu jelek. Sebut saja Ibnu Abidin yang membagi bid’ah menjadi lima, beliau hidup di abad ke-13 H, Imam al-Qurthubi yang membagi bid’ah menjadi dua, beliau hidup di abad ke-7 H, Imam al-Qarafi al-Maliki hidup di abad ke-7 H, Imam Izzuddin Abdussalam hidup di abad ke-7 H. Lalu, Imam Ibnu Rajab al-Hanbali yang membagi bid’ah menjadi dua, hidup di abad ke-8 H, Imam as-Safaraini yang membagi bid’ah menjadi lima, hidup di abad ke-12 H.
Sementara ulama yang tidak mau membagi bid’ah, dengan kata lain bahwa semua bid’ah itu jelek, yaitu Imam al-Syathibi, beliau hidup di abad ke-8 H. Sedang Ibnu Taimiyah, hidup di abad ke-8 H.
Jadi, rata-rata mereka hidup delapan abad yang lalu, dan hal ini berpotensi, pembahasan sunnah dan bid’ah lebih lama dari itu, karena pernyataan mereka itu tentu mengomentari kejadian-kejadian sebelumnya. Maka sebenarnya, tidak ada yang baru dalam konsep bid’ah ini. Perbedaan yang ada sekarang adalah hal parsial, dalam contoh kasus baru, apakah dihukumi bid’ah atau tidak. Misal, peringatan maulid disebut bid’ah atau tidak, tahlilan disebut bid’ah atau tidak, dan seterusnya.
Wallahu a’lam