Jalin Kerja Sama dengan 2 Mitra Sekaligus: Bukti Serius MA Darul Faqih Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Foto dengan Perwakilan Mitra Universitas Negeri Malang

Februari 2024, Madrasah Aliyah Darul Faqih Indonesia per Februari 2024 telah berhasil menjalin kerja sama kemitraan dengan Universitas Negeri Malang dan YBM BRILiaN Malang. Kemitraan yang ditandatangani di pertengahan bulan Februari ini bertujuan untuk mengembangkan jejaring dan relasi madrasah dengan pihak luar. Mengutip pernyataan Kepala Madrasah Aliyah Darul Faqih Indonesia Ustadz Fakhrur Rozi, S.Pd., M.Pd. “Kemitraan ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas madrasah, khususnya peserta didik, agar semakin giat belajar dan terus meningkatkan skill dan potensi mereka untuk mengetahui secara yakin bidang keahlian masing-masing sebelum menentukan pilihan prodi di jenjang berikutnya (universitas). Lebih-lebih yang memberikan bimbingan dan pendampingan kepada peserta didik adalah ahli dan pakar di bidangnya. InsyaAllah kemitraan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan untuk perkembangan madrasah kedepannya” ungkap Kepala Madrasah yang baru dilantik 1 Februari 2024 kemarin.

Secara singkat, kemitraan dengan Universitas Negeri Malang merupakan realisasi dari kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat sumber dana internal Universitas Negeri Malang tahun anggaran 2024. Total ada 4 proposal yang sudah ditandatangani oleh Kepala Madrasah, dengan rincian 3 proposal pengabdian dan 1 proposal penelitian, salah satu judul proposal pengabdian yang akan dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Faqih Indonesia adalah, Sistem Penentuan Program Studi yang Tepat : Pengembangan Layanan Berbasis Machine Learning untuk Membantu Siswa Menentukan Pilihan Program Studi yang Sesuai dengan Minat dan Potensi Siswa di Madrasah Aliyah Darul Faqih Indonesia yang ditandatangani pada 13 Februari 2024.

Program kemitraan di atas akan dimulai pada bulan April mendatang dan/atau setelah pengumuman penerimaan judul penelitian atau pengabdian keluar, karena 4 judul yang diajukan masih berbentuk proposal. Besar harapan Kepala Madrasah agar 4 judul proposal tersebut diterima dan didanai seluruhnya, sehingga kegiatan kemitraan dengan Universitas Negeri Malang dapat terealisasi secara sempurna di bulan April mendatang, karena selain untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, juga untuk meningkatkan reputasi madrasah sebagai lembaga pendidikan yang unggul, berkualitas, dan memiliki jejaring yang luas, khususnya dengan kampus-kampus besar di Malang.

Foto dengan perwakilan YBM BRILiaN Malang

Mitra Madrasah Aliyah Darul Faqih Indonesia yang kedua adalah YBM BRILiaN atau Yayasan Baitul Maal milik Bank BRI, yaitu lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, csr, dan dana kemanusiaan. Kerjasama ini berupa penawaran beasiswa untuk siswa/i MA Darul Malang Indonesia yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh YBM BRILiaN. Beasiswa yang dimaksud adalah YBM BRILiaN Smart Scholarship, yang dikhususkan untuk siswa/i  tingkat SMA/sederajat kelas XI se Indonesia. Seleksi dilaksanakan dengan pengisian google form dengan melampirkan persyaratan administratif dan dokumen penting yang dibutuhkan.

 

“Saya berharap seluruh siswa/i MA Darul Faqih Indonesia yang telah mendaftar berhasil lolos seleksi dan diterima sebagai smarter atau penerima beasiswa YBM BRILiaN Smart Scholarship. Karena benefit yang akan diterima oleh smarter adalah tunjangan prestasi selama satu tahun, pembinaan intensif  masuk PTN, serta motivasi dan pembinaan kapasitas diri. Selain itu, penerima beasiswa YBM BRILiaN Smart Scholarship berpeluang besar untuk diterima di program beasiswa YBM BRILiaN Bright Scholarship, yaitu beasiswa serupa untuk jenjang universitas atau perguruan tinggi” Pungkas Fakhrur Rozi.

 

Semoga dengan kerja sama kemitraan yang dilakukan oleh MA Darul Faqih Indonesia dapat memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan peserta didik yang unggul, berkualitas, dan memiliki sifat humble, confident, qualified, serta menjadi gerbang pembuka untuk terjalinnya relasi kemitraan-kemitraan selanjutnya. (Salwa)

2 Replies to “Jalin Kerja Sama dengan 2 Mitra Sekaligus: Bukti Serius MA Darul Faqih Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

  1. Piu berkata:

    Keren min ✨

  2. Piu berkata:

    Aaamiiinn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *